Headlines News :
Home » » Mark King of Level 42

Mark King of Level 42

>

Siapa jazz lovers yang tak kenal dengan grup band Level 42? Grup musik beraliran Jazz-Funk Fusion ini merupakan grup jazz legendaris dunia asal Inggris yang telah berkiprah sejak tahun 1980-an di dunia musik internasional.
Band yang sekarang digawangi oleh Mark King (bass, vocal), Mike Lindup (keyboards), Gary Husband (drums), Nathan King (gitaris), dan Sean Freeman (saxophone) ini terkenal dengan hits-hitsnya seperti Lessons in Love, Something About You, Running in the Family, The Sun Goes Down, dan Hot Water dari album-album mereka seperti The Pursuit of Accidents, Standing in the Light, World Machine, Running in the Family, Staring at the Sun, dan album terbarunya Retroglide, yang mengantarkan mereka ke puncak kepopularitasan.

Level 42 didirikan pada tahun 1980 di Isle of Wight, Inggris oleh Gould bersaudara, yaitu Phil (drums) dan Boon (gitar), Kehadiran Mark King (vocals, bass) dan Mike Lindup (keyboard) kemudian melengkapi personil band ini.

Pada awalnya band ini berada di bawah label musik independent, Elite Records. Namun setelah merilis single pertama mereka Love Meeting Love, band ini pun berhasil mendapatkan kontrak rekaman di bawah label Polydor Records.
Pada tahun 1981 mereka merilis album pertamanya, Level 42 dengan hitsnya Love Games, Album pertama ini bisa dibilang cukup sukses, karena membawa Level 42 menembus posisi 20 di chart musik di Inggris dan meraih Gold Award untuk penjualan album ini.

Pada tahun 1984, Level 42 berhasil menembus posisi 9 dalam tangga lagu Inggris melalui The Sun Goes Down (Living It Up). Tahun 1986, lagu Lessons in Love dari album World Machine menjadi lagu terlaris di lebih dari 17 negara, termasuk di Inggris. Sedangkan lagu Something About You menembus posisi ke-3 di tangga lagu di Inggris dan posisi ke-18 di Amerika Serikat, yang merupakan prestasi tertinggi mereka di chart musik Amerika Serikat hingga saat ini.
Kesuksesan ini pun mengantarkan mereka mendapatkan 2x Platinum Award untuk penjualan lebih dari 3 juta kopi album ini.Rekaman Level 42 selanjutnya juga mampu menjadi hit di Inggris dengan menempati posisi ke-2 tangga lagu Inggris, yaitu lagu Running in The Family (album Running in The Family) di tahun 1987. Selain itu, lagu ini juga membawa Level 42 ke puncak tangga lagu Belanda, serta menempati posisi 4 di tangga lagu Jerman, Austria, Norwegia, dan Switzerland. Bahkan album ini juga mampu membawa Level 42 kembali meraih 2x Platinum Award.
Di albumnya yang ke-7 ini, band yang semula beraliran Jazz-Funk Fussion ini juga mulai menunjukkan perubahan musik ke mainstream Pop Jazz.

Tahun 1988, Level 42 merilis albumnya yang ke-8, Staring at The Sun. Lagu yang berjudul sama dengan albumnya ini, juga mengantarkan Level 42 ke posisi ke-2 di chart musik Inggris. Selain itu, album ini juga bisa dibilang cukup sukses, karena mampu meraih Platinum Award untuk penjualannya.

Rilis album Level 42 selanjutnya adalah Guaranteed di tahun 1991 yang menempatkan mereka di posisi 3 chart musik Inggris, dan album Forever Now di tahun 1994 yang mempertahankan mereka di posisi ke-8. Hingga saat ini, Level 42 telah menelurkan 11 album dengan album terakhir mereka, Retroglide yang dirils September tahun lalu.

Seperti grup-grup musik pada umumnya, Level 42 juga pernah mengalami masa pasang-surut dengan terjadinya pergantian personil. Tahun 1987, kakak-beradik Phil & Boon Gould keluar dari Level 42. Posisi mereka kemudian digantikan oleh gitaris Alan Murphy dan penabuh drum Gary Husband (1988). Namun kemudian, Alan Murphy meninggal dunia karena penyakit AIDS di tahun 1989, sehingga posisinya digantikan oleh gitaris Jakko Jakszyk (1991). Jakko pun hanya bertahan hingga 1994, yang kemudian posisinya diisi oleh Nathan King (1997) yang bertahan hingga sekarang.
Mike Lindup pun sempat vakum dari Level 42 pada tahun 1994. Pada saat itu, posisi keyboards diisi oleh Lyndon Connah (1997-2004). Namun tahun 2005, Mike Lindup pun kembali bergabung dengan Mark King dan kawan-kawan, dan bertahan hingga saat ini.
Begitu juga dengan Gary Husband, yang sempat mundur pada tahun 1993. Posisinya ini kemudian untuk sementara diisi oleh Phil Gould pada tahun 1994. Tahun 1999, Gary Husband kembali bermain untuk Level 42 Sean Freeman sampai sekarang. Kemudian tahun 2001, pun bergabung pada alat musik saxophone, sehingga grup band lawas ini beranggotakan 5 orang sampai sekarang.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Created Blog | Blog Template | OK Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Blog Info-4U - All Rights Reserved